PHOTOREALISTIC RENDERING IN AUTOCAD 2010

Sebelumnya perkenalkan, saya Naufal, mahasiswa semester 7 Teknik Mesin dan Biosistem. Ini posting pertama saya, dan saya mau bahas tentang Image Realistic Rendering di AutoCAD 2010 yang mungkin ga bakal diajarkan sama asisten praktikum kalian karena memang hal ini ga masuk di kurikulum gambar teknik di kampus kita, tapi saya yakin ini sangat berguna banget buat kalian jika kalian paham tentang fitur CAD satu ini. Langsung aja ya…

Dahulu, penyajian gambar biasanya dilakukan dengan cara ploting gambar yang sudah didesaign kedalam kertas, baik itu tampak piktorial maupun orthogonalnya. Seiring dengan perkembangan waktu, penyajian gambar tidak lagi seperti itu. Penyajian gambar saat ini lebih atraktif dan mengedepankan “style” dan gaya presentasi yang mampu menambah informasi mengenai desaign yang mampu disampaikan dengan lebih baik.

Berikut ini saya akan jelaskan perbedaan ploting dan rendering sekaligus cara menggunakan rendering di AutpCAD 2010. Namun, sebelumnya gambar yang saya jadikan contoh ini adalah desain kasaran saya menggunakan AutoCAD 2010 yang bisa kalian download disini:

Untuk melakukan image rendering gambar diatas, cukup dengan mengikuti langkah singkat berikut ini:

  1. Atur view camera dengan menggunakan menu view berikut:

Klik icon camera, lalu atur sedemikian sehingga gambar berubah menjadi perspektif dan terlihat lebih menarik saat dirender.

  1. Atur juga dengan menu zoom view, hand tool dan move tool untuk membantu mengatur objek agar menempati posisi yang kita inginkan
  1. Gambar akan terlihat seperti ini setelah diatur.
  1. Setelah gamabr tampak seperti di atas, lakukan klik ikon realistic pada menu visual style berikut:
  2. Lakukan langkah-langkah rendering dengan mengetik kata render pada command atau langsung saja klik render. Namun, sebelum merender, atur dahulu dengan klik render setting di menu render,

Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti ini:

 

Pilih output untuk mengatur resolusi output gambar. Pilih specify output. Lalu atur pixel yang kamu inginkan. Saran saya, untuk menghasilkan gambar HD (High Deifinition), gunakan pixel 1920 x 1200 seperti pada gambar di bawah ini:

  1. Setelah itu, klik menu render seperti pada gambar ini,
  2. Tunggu hingga proses render selesai, klik file lalu save image dalam bentuk *.png, save dengan 24 bit saja. Dan inilah hasil akhir gambar menggunakan Image Realistic Rendering di AutoCAD 2010.

 

dan jika ingin dibandingkan dengan hasil rendering menggunakan metode ploting pada kertas yang biasa dilakukan atau diajarkan oleh asisten praktikum, akan terlihat garis2 gambar yang seharusnya tidak tercetak. Bisa dilihat seperti gambar di baawah ini:

2 thoughts on “PHOTOREALISTIC RENDERING IN AUTOCAD 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s